Menghasilkan lulusan Layanan Kesehatan yang mempunyai sikap dan prilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Mempunyai kurikulum dan menyelenggarakan pembelajaran pada Kompetensi Kejuruan Layanan Kesehatan yang berstandar nasional maupun internasional
Menghasilkan lulusan Layanan Kesehatan yang mempunyai kesadaran tentang pentingnya kedisiplinan dan kesehatan kerja serta lingkungan yang bersih, hijau, dan sehat
Menghasilkan lulusan Layanan Kesehatan yang mampu menggunakan Ilmu Kesehatan dan Teknologi Informasi sebagai penunjang profesionalisme dibidangnya
Memberikan pelayanan yang prima di Kesehatan kepada masyarakat sesuai standar manajemen mutu
Membekali siswa keperawatan dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam bidang :
Konsep Dasar Keperawatan
Anatomi dan Fisiologi
Ilmu Kesehatan Masyarakat
Keterampilan Dasar Tindakan Keperawatan
Kebutuhan Dasar Manusia
Ilmu Penyakit dan Penunjang Diagnostik
Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Home Care
Program Ketercapaian Industri pada Program Keahlian Layanan Kesehatan di SMK Dharma Kusuma Cianjur
Rumah Sakit International Sentosa Hospital Central Bandung, RSUD R Syamsudin, SH, RSUD Cililin Kabupaten Bandung Barat dan RS Islam As-Syifa Kota Sukabumi serta Rumah Sakit lainnya tersingkronisasi Kurikulum sebagai Berikut :
Mengerti, Memahami dan Melaksanakan SKP dan Standar Akreditasi Rumah Sakit
Mengusai Teknologi EMR
Berprilaku Caring
Membangun mental dan karakter
Berbudi pekerti dan span santun
Berkomunikasi yang baik
Uraian Program Keahlian Layanan Kesehatan SMK Dharma Kusuma Cianjur dalam mewujudkan SMK Pusat Keunggulan
Layanan Kesehatan sebagai fungsi perencanaan :
Membantu kepala unit untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menujang pelayanan pada pasien
Menentukan pioritas kegiatan sesuai dengan kebutuhan
Membuat rencana kerja tugas yang menjadi tanggung jawabnya
Mengikuti serah terima inventory (Perbekalan farmasi, Perbelakalan laboratorium, logistic umum, linen) bersama kepala unit atau kepala tim
Membantu kepala unit dalam menyusun rencana permintaan inventory
Membantu perawat dalam menyiapkan keperluan inventory untuk pelaksanaan asuhan keperawatan
Layanan Kesehatan sebagai fungsi pengorganisasian :
Melakukan koordinasi pekerjaan dengan tim Kesehatan lainnya dan membentu perawat/bidan dalam memberika asuhan
Memperhatikan dan melaksanakan tatalaksana/prosedur kerja yang telah ditetapkan
Mengikuti rapat evaluasi pelayanan/staff meeting 1 bulan sekali
Melaksanakan tugas secara bergiliran sesuai jadwal dinas.
Layanan Kesehatan sebagai fungsi penggerak :
Memberi pertolongan segera pada pasien dengan masalah kedaruratan pada saat tim Kesehatan lain tidak ada
Mengingatkan rekan kerja bila ada yang melakukan pekerjaan tidak sesuai dengan standar/ketentuan
Asistensi perawat dalam perawatan dasar pasien
Menjaga kerapihan dan kebersihan lingkungan
Melengkapi ketersediaan formular-formulir medis, keperawatan dan penunjang lainnya di unit keperawatan
Membantu perawat dalam pencatatan inventaris alat medis dan non medis
Melakukan inventarisasi : pengecekan harian alat-alat medis,obat dan alat Kesehatan serta pengecekan mingguan alat-alat non medis
Melakukan permintaan serta pencatatan barang sesuai kebutuhan maksimal dan minimal stok di unit
Melakukan ekspedisi beserta pencatatan barang atau surat ke unit/departemen lain
Layanan Kesehatan sebagai fungsi pengendalian :
Membuat catatan dan melaporkan hal-hal yang dianggap penting kepada kepala unit/perawat yang bertanggung jawab
Membantu perawat/bidan memelihara aset dan inventory di unit serta melaporkan jika terjadi kerusakan
Layanan Kesehatan sebagai fungsi Evaluasi:
Melakukan serah terima laporan kegiatan selama shift
Melakukan pelaporan dan pendokumentasian pemakaian inventory, pendokumentasian mutasi aset