Loading...
SMK DHARMA KUSUMA CIANJUR

Asisten Keperawatan dan Caregiver

Asisten Keperawatan dan Caregiver

  1. Program Keahlian Layanan Kesehatan :
  • Menghasilkan lulusan Layanan Kesehatan yang mempunyai sikap dan prilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Mempunyai kurikulum dan menyelenggarakan pembelajaran pada Kompetensi Kejuruan Layanan Kesehatan yang berstandar nasional maupun internasional
  • Menghasilkan lulusan Layanan Kesehatan yang mempunyai kesadaran tentang pentingnya kedisiplinan dan kesehatan kerja serta lingkungan yang bersih, hijau, dan sehat
  • Menghasilkan lulusan Layanan Kesehatan yang mampu menggunakan Ilmu Kesehatan dan Teknologi Informasi sebagai penunjang profesionalisme dibidangnya
  • Memberikan pelayanan yang prima di Kesehatan kepada masyarakat sesuai standar manajemen mutu
  • Membekali siswa keperawatan dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam bidang :
  • Konsep Dasar Keperawatan
  • Anatomi dan Fisiologi
  • Ilmu Kesehatan Masyarakat
  • Keterampilan Dasar Tindakan Keperawatan
  • Kebutuhan Dasar Manusia
  • Ilmu Penyakit dan Penunjang Diagnostik
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan
  • Home Care

Program Ketercapaian Industri pada Program Keahlian Layanan Kesehatan di SMK Dharma Kusuma Cianjur

  1. Rumah Sakit International Sentosa Hospital Central Bandung, RSUD R Syamsudin, SH, RSUD Cililin Kabupaten Bandung Barat dan RS Islam As-Syifa Kota Sukabumi serta Rumah Sakit lainnya tersingkronisasi Kurikulum sebagai Berikut :
    1. Mengerti, Memahami dan Melaksanakan SKP dan Standar Akreditasi Rumah Sakit
    2. Mengusai Teknologi EMR
    3. Berprilaku Caring
    4. Membangun mental dan karakter
    5. Berbudi pekerti dan span santun
    6. Berkomunikasi yang baik
  2. Uraian Program Keahlian Layanan Kesehatan SMK Dharma Kusuma Cianjur dalam mewujudkan SMK Pusat Keunggulan
    • Layanan Kesehatan sebagai fungsi perencanaan :
  3. Membantu kepala unit untuk menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menujang pelayanan pada pasien
  4. Menentukan pioritas kegiatan sesuai dengan kebutuhan
  5. Membuat rencana kerja tugas yang menjadi tanggung jawabnya
  6. Mengikuti serah terima inventory (Perbekalan farmasi, Perbelakalan laboratorium, logistic umum, linen) bersama kepala unit atau kepala tim
  7. Membantu kepala unit dalam menyusun rencana permintaan inventory
  8. Membantu perawat dalam menyiapkan keperluan inventory untuk pelaksanaan asuhan keperawatan
  • Layanan Kesehatan sebagai fungsi pengorganisasian :
  1. Melakukan koordinasi pekerjaan dengan tim Kesehatan lainnya dan membentu perawat/bidan dalam memberika asuhan
  2. Memperhatikan dan melaksanakan tatalaksana/prosedur kerja yang telah ditetapkan
  3. Mengikuti rapat evaluasi pelayanan/staff meeting 1 bulan sekali
  4. Melaksanakan tugas secara bergiliran sesuai jadwal dinas.

 

  • Layanan Kesehatan sebagai fungsi penggerak :
  1. Memberi pertolongan segera pada pasien dengan masalah kedaruratan pada saat tim Kesehatan lain tidak ada
  2. Mengingatkan rekan kerja bila ada yang melakukan pekerjaan tidak sesuai dengan standar/ketentuan
  3. Asistensi perawat dalam perawatan dasar pasien
  4. Menjaga kerapihan dan kebersihan lingkungan
  5. Melengkapi ketersediaan formular-formulir medis, keperawatan dan penunjang lainnya di unit keperawatan
  6. Membantu perawat dalam pencatatan inventaris alat medis dan non medis
  7. Melakukan inventarisasi : pengecekan harian alat-alat medis,obat dan alat Kesehatan serta pengecekan mingguan alat-alat non medis
  8. Melakukan permintaan serta pencatatan barang sesuai kebutuhan maksimal dan minimal stok di unit
  9. Melakukan ekspedisi beserta pencatatan barang atau surat ke unit/departemen lain
  • Layanan Kesehatan sebagai fungsi pengendalian :
  1. Membuat catatan dan melaporkan hal-hal yang dianggap penting kepada kepala unit/perawat yang bertanggung jawab
  2. Membantu perawat/bidan memelihara aset dan inventory di unit serta melaporkan jika terjadi kerusakan
  • Layanan Kesehatan sebagai fungsi Evaluasi:
  1. Melakukan serah terima laporan kegiatan selama shift
  2. Melakukan pelaporan dan pendokumentasian pemakaian inventory, pendokumentasian mutasi aset